Selamat datang, pengunjung! [ Daftar | Masuk

Tips Mempromosikan Kost

Artikel 23 September 2015

Kehadiran anak kost di sebuah rumah kost merupakan sebuah syarat yang mutlak. Rumah kost tanpa anak kost ibarat sebuah rumah yang tak berpenghuni. Terlebih dana yang diperlukan untuk membiayai operasional rumah kost berasal dari uang sewa yang dibayar oleh anak kost.

Mempromosikan kost tidak cukup hanya dengan memasang papan bertuliskan “Terima Kost” di pagar rumah kost Anda. Pemilik kost harus aktif dan kreatif dalam memasarkan kostnya, terlebih persaingan antar rumah kost yang sudah semakin ketat. Berikut ini beberapa tips dalam memasarkan kost, terutama untuk kost mahasiswa:

TINGGALKAN KORAN

Saran kami yang pertama adalah tinggalkan koran. Media promosi yang satu ini selain mahal juga tidak dibaca oleh anak kost. Mereka lebih akrab dengan gadget-gadget canggih yang terhubung dengan internet. Sehingga mempromosikan kost melalui koran hanya akan membuang uang Anda.

MASUK KE KAMPUS

Mayoritas pangsa pasar rumah kost adalah mahasiswa yang menghabiskan sebagian besar waktunya di kampus. Sehingga yang harus dilakukan dalam memasarkan rumah kost adalah dengan masuk ke kampus. Ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mempromosikan kost di kampus, antara lain:

Bagikan brosur penawaran kost di gerbang kampus
Selipkan brosur penawaran kost di motor dan mobil yang parkir
Tempelkan poster penawaran kost di papan pengumuman
Tentu saja hal-hal di atas hanya bisa dilakukan setelah mendapat izin dari pihak kampus. Selain itu Anda juga dapat memasarkan kost Anda dengan mensponsori koran kampus serta kegiatan kampus seperti seminar dan kompetisi.

PROMOSI DI SEKITAR KAMPUS

Mungkin Anda mengalami kendala dalam melakukan promosi di dalam kampus, baik karena pihak kampus tidak memberikan izin maupun karena biaya sponsorship yang terlalu mahal. Anda dapat mensiasatinya dengan melakukan kegiatan pemasaran di sekitar kampus, yaitu:

Pasang spanduk di sekitar kampus, terutama di depan gerbang kampus.
Menitipkan brosur di apotek dan minimarket di sekitar kampus.
Menitipkan brosur di warnet atau tempat fotokopi. Anda juga dapat meminta pengelola warnet untuk menjadikan materi promosi Anda sebagai wallpaper di setiap komputer.
Menitipkan materi promosi di warung dan rumah makan. Ini bisa dilakukan dengan menempel brosur di dinding warung atau rumah makan, atau bisa juga dengan menempel brosur di tempat tissue.
Menitipkan brosur di tempat cuci mobil dan cuci motor
mempromosikan kost

BERIKAN HADIAH KEPADA ANAK KOST

Berikan hadiah berupa stiker atau gantungan kunci yang berisi materi promosi kost Anda kepada anak kost. Secara tidak sadar mereka akan mempromosikan kost Anda dengan menempelkan stiker ke kendaraan mereka atau menunjukkan gantungan kunci kepada teman-teman mereka di kampus.

BERIKAN KOMISI KEPADA ANAK KOST

Anda juga dapat meminta bantuan anak kost yang telah menyewa kost Anda untuk mencarikan calon penyewa. Sebagai imbalan untuk setiap penyewa yang dibawa, ia berhak untuk mendapatkan komisi. Komisi bisa dalam bentuk uang tunai atau diskon uang sewa yang bisa diberikan sekaligus di depan atau beberapa kali selama penyewa yang ia bawa masih menyewa kost Anda.

PROMOSI DI INTERNET

Mahasiswa merupakan generasi yang paling akrab dengan internet. Mereka selalu terhubung dengan internet, mulai dari mengerjakan tugas kuliah, bermain hingga bersosialisasi. Kost Anda juga harus hadir di internet, sehingga lebih mudah ditemukan oleh mereka. Anda dapat memanfaatkan media sosial seperti Facebook, Twitter dan Instagram dalam menawarkan kost Anda.

 

Total dilihat 825 kali, hari ini 1

  

1 Tanggapan ke “Tips Mempromosikan Kost”

  1. Astriaproperty on 3 Februari 2017 @ 7:53 pm

    Okay thanks for your information

Tinggalkan Balasan

  • 7 Alasan Mengapa Bisnis Kost Sangat Menguntungkan

    by on 23 September 2015 - 0 Komentar

    Apakah bisnis kost menguntungkan? Pertanyaan tersebut seringkali dilontarkan oleh orang-orang yang meragukan potensi bisnis kost. Pertanyaan tersebut tentu sangat wajar untuk dilontarkan mengingat modal yang diperlukan untuk memulai bisnis kost cukup besar. Untuk memulai sebuah usaha rumah kost, seorang pengusaha kost perlu menyiapkan sebuah rumah kost yang harganya bisa mencapai angka ratusan juta hingga milyaran […]

  • Tips Mempromosikan Kost

    by on 23 September 2015 - 1 Komentar

    Kehadiran anak kost di sebuah rumah kost merupakan sebuah syarat yang mutlak. Rumah kost tanpa anak kost ibarat sebuah rumah yang tak berpenghuni. Terlebih dana yang diperlukan untuk membiayai operasional rumah kost berasal dari uang sewa yang dibayar oleh anak kost. Mempromosikan kost tidak cukup hanya dengan memasang papan bertuliskan “Terima Kost” di pagar rumah […]

Kategori